31 Maret 2009

CARA 4

TINDAK LANJUT / FOLLOW UP

TUJUAN TINDAK LANJUT / FOLLOW UP

1. Untuk mendapatkan orang yang mau bergabung di bisnis ini atau menjadi pelanggan

2. Mengajarkan distributor baru untuk mulai menjalankan bisnis ini dengan benar

3. Mendapatkan janji melakukan presentasi

Follow up adalah langkah paling penting dalam proses mensponsori seorang distributor. 80% pekerjaan kita di bisnis ini ditentukan dari langkah ini. Dalam follow up proses DUPLiKASI terjadi. Jika dilakukan dengan benar, maka kita akan memiliki grup yang besar.

Presentasi yang sempurna dan dalam jumlah banyak akan sia-sia bila kita Anda tidak melakukan follow up dengan benar. Belajarlah melakukan follow up dengan benar dari upline aktif Anda. Usahakan pada saat upline Anda membantu Anda, Anda ikut dalam follow up untuk belajar. Perhatikan upline Anda melakukan follow up.

BAGAIMANA MENDAPATKAN JANJI FOLLOW UP

Follow up Anda dapatkan sejak Anda melakukan presentasi di ruang tamu Anda (home meeting). Goal Anda pada saat melakukan presentasi BUKAN hanya untuk mendapatkan distributor baru, namun juga untuk mendapatkan janji follow up.

Pada saat presentasi, Anda dapat melihat orang-orang yang tertarik dengan bisnis ini. Setelah selesai presentasi, dekati orang-orang tersebut. Tanda-tanda ketertarikan bisa dilihat dari mata yang bersinar-sinar, perubahan posisi duduk, dll.

Tawarkan mereka untuk mempelajari paket informasi yang akan Anda pinjamkan. Paket informasi tersebut berisi buku presentasi, buku produk, vcd, kaset. Buat janji untuk bertemu dengan alasan bahwa Anda akan mengambil paket informasi yang Anda pinjamkan tersebut. Pinjamkan paket informasi hanya kepada mereka yang tertarik, bukan untuk semua undangan, kecuali jika semuanya tertarik.

Siapkan agenda Anda dan catat janji bertemu tersebut. Tindak lanjut atau follow

up ini dilakukan paling lama 48 jam setelah presentasi. Lebih dari 48 jam biasanya orang sudah melupakan isi dari presentasi tersebut. Buatlah janji untuk bertemu di rumah mereka.

Catatan

Jangan lupa memberitahu mereka untuk tidak mendiskusikan bisnis ini ke orang lain sebelum mereka memiliki informasi yang cukup. Banyak para calon distributor, karena sangat bersemangat, sesampai di rumah langsung mencoba menghubungi beberapa teman, dan akhirnya mendapatkan penolakan karena belum mengetahui cara melakukan bisnis ini dengan benar.

Jika Anda tidak mendapatkan janji untuk Follow Up, atau ada pembatalan waktu follow up, maka setelah 1-2 hari sejak tanggal presentasi, katakan bahwa kebetulan Anda ada di daerah mereka, bisakah Anda mampir untuk mengambil paket informasi tersebut. Anda dapat menelpon dan mengatakan :

"Saya kebetulan akan lewat di daerah Anda dan ingin mengambil buku-­buku yang saya pinjamkan pada Anda. Apakah baik jika saya datang pukul 16.00?"

LANGKAH-LANGKAH DALAM FOLLOW UP:

Follow up Anda lakukan maksimal selama 1 jam. Hal ini penting selain untuk menghemat waktu Anda, juga memberikan kesan bahwa menjalankan bisnis ini tidak membutuhkan banyak waktu.

Datanglah tepat waktu sesuai dengan janji Anda pada saat selesai presentasi. Hargai waktu prospek Anda tersebut.

Tahap-tahap follow up :

15' - 20' Pertama :

Jangan terlalu lama berbasa-basi. Ajukan beberapa pertanyaan untuk masuk dalam inti follow up, seperti : "Apakah Bapak/lbu sudah mempelajari brosur-­brosurnya dan melihat vcd atau mendengarkan kasetnya?".

Bertanya untuk mengetahui apa impian prospek Anda.

"Dari presentasi kemarin, hal apa yang paling menarik bagi Anda? "Jika Anda menjalankan bisnis tersebut, apa yang paling Anda harapkan bisa Anda dapat dari bisnis tersebut?"

Dua pertanyaan tersebut dapat memberikan informasi kepada Anda seberapa jauh orang tersebut tertarik di bisnis ini.

Bangun impian mereka. Tanyakan apa yang paling mereka inginkan dalam hidup mereka. Anda bisa siapkan daftar prioritas utama dalam hidup manusia.

Jika ada keberatan-keberatan dari prospek, jawablah seperti mengupas bawang. Pelajari cara menghadapi keberatan-keberatan yang sering dialami oleh calon distributor

Jika prospek tidak tertarik, segera akhiri pembicaraan, tawarkan apakah mereka mau mencoba produk BAE. Jadikanlah mereka pelanggan Anda. Mintalah referensi dari mereka dengan menuliskan nama-nama orang yang dapat Anda hubungi.

Jika prospek tertarik, Anda bisa masuk ke tahap kedua. Jadi, ditahap ini, Anda harus sudah bisa menentukan apakah Anda terus ke tahap berikutnya atau mengakhiri follow up Anda.

15' - 20' Kedua :

Jika mereka tertarik, ajarkan membuat daftar nama. Ambil secarik kertas, bantu prospek Anda untuk mengingat-ingat nama-nama rekan mereka. Tunjukkan pada mereka bahwa potensi daftar nama tersebut sangat besar. Jangan menunda tahap ini.

  • Ajarkan cara memilah-milah daftar nama tersebut untuk menentukan prioritas kerja.
  • Ajarkan mereka cara membuat janji dengan benar. Katakan bahwa mereka harus dapat membuat janji secara professional. Ajak mereka untuk berlatih. Jelaskan kepada mereka bahwa mereka tidak perlu membawakan presentasi pada awalnya. Anda atau upline Anda yang akan membawakannya.
  • Ambil agenda Anda dan tentukan 2 waktu untuk mengadakan presentasi di rumah mereka. 2 waktu tersebut jangan lebih dari 10 hari.
  • Ajarkan cara mempersiapkan presentasi di rumah mereka, ajarkan bagaimana cara menyambut pembicara, dan membuka pertemuan. Ajarkan bagaimana melakukan edifikasi. Ajarkan juga cara menutup presentasi, dan mengakhiri pertemuan.
  • 15' - 20' Ketiga :
  • Tawarkan untuk hadir dalam setiap pertemuan yang direkomendasikan BAE ACADEMY, yaitu : OSP, SSP1, RTS,dll. Promosikan tiket seminar jika telah ada. Penting bagi mereka untuk segera memiliki tiket seminar.

· Rekomendasikan mereka untuk membaca buku. 2 buku wajib yang perlu dibaca: Berpikir & Berjiwa Besar - David J. Schwartz ; Bagaimana Mencari Kawan & Mempengaruhi Orang Lain - Dale Carnegie.

· Bantu mereka untuk memilih produk yang cocok untuk kebutuhan keluarga. Isi formulir dan antar mereka ke kantor/stokis atau janji bertemu di kantor/stokis.

Jika mereka bersedia untuk menyediakan 2 waktu untuk presentasi, berarti Anda mendapatkan distributor yang aktif. Namun apabila mereka masih enggan mengadakan pertemuan, mungkin mereka masih membutuhkan informasi tambahan untuk menambah keyakinan diri mereka. Ajak mereka ke pertemuan­pertemuan umum terdekat yang diadakan oleh BAE ACADEMY

Beberapa orang hanya akan tertarik untuk menjual produk. Ini termasuk distributor pasif. Kategori ini juga penting, karena dalam bisnis BAE, banyak distributor sukses yang mengawali karirnya sebagai distributor pasif. Setelah yakin akan produknya, mereka membangun jaringan yang besar.

Lakukan langkah PRESENTASI & FOLLOW UP sebagai roda perputaran dalam bisnis Anda. Jika Anda melakukan dengan benar, hal ini akan mudah terduplikasi oleh grup Anda, sehingga nantinya Anda akan memiliki jaringan yang kuat dan kestabilan penghasilan Anda.