31 Maret 2009

CARA 3

PRESENTASI

Presentasi merupakan penjelasan secara menyeluruh mengenai bisnis ini, dengan standar tertentu. Standar baku yang digunakan untuk memberikan presentasi adalah seperti yang ada di dalam OSP(Optimal Solution Presentation)

Tujuan :

Memberikan informasi kesehatan dan peluang usaha secara lengkap dan benar pada prospek Anda. Dengan demikian mereka bisa mempelajari lebih lanjut apakah informasi kesehatan dan peluang usaha ini cocok sebagai sarana mereka untuk mencapai impian:

Presentasi dapat dilakukan dengan beberapa cara :

· Presentasi One on One atau perorangan di rumah prospek atau di tempat di mana Anda telah sepakat untuk bertemu, seperti di cafe, atau di mal.

· Presentasi kelompok yang diadakan di rumah Anda (home meeting/group meeting). Jika Anda orang baru dalam bisnis ini, sponsor atau upline Anda yang akan membawakan presentasi. Anda cukup melihat, mendengarkan, dan belajar bagaimana sponsor atau upline Anda melakukan presentasi.

· Presentasi di OSP(Optimal Solution Presentation), pertemuan rutin yang diadakan oleh BAE ACADEMY untuk membantu perkembangan grup Anda. OSP diadakan secara rutin di kota-kota besar lainnya, di seiuruh Indonesia. Pembicara OSP(Optimal Solution Presentation)adalah orang yang telah berpengalaman dan berhasil dalam bisnis ini.

Presentasi sangatlah penting Anda kuasai. Perkembangan bisnis Anda akan lebih cepat jika Anda dapat melakukan presentasi sendiri tanpa bergantung pada sponsor atau upline Anda. Dengarkan kaset presentasi standard berulang kali.

Berlatihlah melakukan presentasi kepada daftar nama orang-orang yang kurang potensial (SP4 - SP6). Kesempurnaan presentasi Anda bergantung pada berapa sering Anda melakukannya. Duplikasi cara presentasi yang dilakukan oleh upline Anda yang telah berhasil. Pelajari sikap beliau pada saat melakukan presentasi. Anda tinggal mengikuti cara-cara yang telah dilakukan oleh para upline Anda yang telah berhasil.

Jangan takut untuk melakukan presentasi pertama Anda. Anda tidak perlu harus sempurna pada saat Anda melakukan presentasi yang pertama kalinya.

Hal-hal yang perlu Anda lakukan adalah :

  1. Anda bersemangat dan antusias.

Hal tersebut akan sangat membantu menarik minat orang lain. Semangat dan antusias itu menular, jadi jika Anda semangat dan antusias, prospek Anda juga akan semangat dan antusias.

  1. Miliki percaya diri.

Anda sudah mendengarkan presentasi minimal 2x, yaitu pada saat sponsor Anda mempresentasikan bisnis ini pada Anda dan di OSP pertama Anda. Hal tersebut sudah cukup sebagai modal untuk melakukan presentasi pertama Anda. Ingat, prospek Anda TIDAK TAHU APAPUN tentang bisnis ini. Anda lebih tahu dari mereka.

  1. Tekankan hal-hal yang penting dalam presentasi :

Company Profile :

Sejarah singkat perusahaan


Teknologi Milik Sendiri


Penghargaan-penghargaan


Indonesia baru Negara ke dua di dunia



Produk :

Semua Produk disuntikan Energi BAE


Semua Produk dapat didemokan


Fast Effect/Reaksi Cepat



Marketing Plan :

Hanya 3 Kaki, Saling Bantu membantu


Perhitungan Tanpa Batas Level


No Breakaway


Menikmati Bonus dari Akumulasi Point

Support System :

Gali Impian


BAE ACADEMY

Jika presentasi Anda belum bisa lengkap, itu justru lebih baik, karena Anda bisa mempromosikan OSP ke prospek Anda jika mereka ingin mendapatkan informasi yang lengkap. Tujuan dari penekanan diatas adalah agar prospek Anda tahu bahwa : perusahaannya bonafid, produknya bagus, bisnisnya menguntungkan, dan mereka bisa menjalankannya.

Mempersiapkan Presentasi di Rumah Anda

Hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat Anda mempersiapkan presentasi di rumah Anda :

  • Biarkan ruang tamu Anda seperti apa adanya. Jangan diubah menjadi ruang presentasi. Jika Anda telah menyediakan kursi tambahan, boleh dikeluarkan hanya jika para tamu telah hadir dan memang ternyata kurang tempat,
  • Jangan digabungkan dengan acara lainnya, seperti pesta, arisan, pertemuan PKK, dll. Hal tersebut dapat mengurangi nilai peluang usaha dalam presentasi tersebut. Juga hal tersebut tidak bisa diduplikasi,
  • Jangan ada brosur-brosur, produk, ataupun majalah di ruang tamu tersebut. Anda bisa menyiapkan brosur-brosur tersebut dalam sebuah paket informasi yang berisi : Brosur produk, brosur marketing plan, kaset/vcd.

· Anak kecil Anda dititipkan ke orang tua, tetangga atau disuruh tidur lebih cepat.

· Matikan televisi dan telepon karena bisa mengganggu konsentrasi pembicara dan tamu undangan Anda.

· Binatang piaraan harap disimpan/diamankan, jangan dibiarkan berkeliaran pada saat presentasi.

  • Jangan menyediakan makanan berat. Buat presentasi home meeting Anda berjalan sesederhana mungkin. Jangan menyediakan kue atau minuman selama presentasi berjalan. Sediakan kue dan minuman di ruangan sebelah.

· Siapkan kertas dan ballpoint untuk para tamu mencatat.

· Berpakaianlah yang rapi seperti seorang businessman.

· Sediakan tempat duduk khusus untuk pembicara.

  • Presentasi dimulai tepat waktu, jangan menunggu undangan yang belum datang.
  • Lakukan EDIFIKASI pada pembicara/pembawa presentasi dengan cara menyambutnya dan memperlakukan dengan hormat walaupun pembicara lebih muda dari Anda ataupun teman bermain Anda. Hal ini penting Anda lakukan agar para tamu Anda juga menaruh hormat dan mendengarkan apa yang dikatakan pembicara.

Mulailah presentasi dengan kata pembukaan dari Anda sebagai pengundang dan tuan rumah. Jangan membicarakan mereka yang tidak datang. Gunakan kesempatan ini untuk meng-edifikasi pembawa presentasi.

Contoh kalimat pembuka :

"Selamat malam, teman-teman. Seperti yang saya katakan pada saat saya mengundang Anda, malam ini kita akan bersama-sama mendengarkan sebuah peluang usaha yang menurut saya sangat bagus masa depannya. Dan beruntung sekali bahwa pada malam hari ini saya berhasil meminta waktu dari Bp/Ibu ___ (pembicara), sehingga ditengah kesibukannya, Beliau mau hadir malam ini untuk memberikan informasi ini. Teman-teman sekalian bisa mencatat, dan apabila ada pertanyaan, mohon disimpan untuk akhir acara nanti. Saya persilakan Bp/Ibu ___ untuk menyampaikan informasi ini. Silakan !"

Selama presentasi berlangsung, Anda duduk, mencatat dan mempelajari bagaimana presentasi tersebut berlangsung. Hal itu sangat membantu pembicara karena tamu Anda akan meniru Anda, dan memperhatikan pembicara. Setelah selesai presentasi, Anda berdiri lagi dan menutup presentasi.

Contoh kalimat penutup :

"Terima kasih pada Bp/Ibu _____ (pembicara) atas presentasi yang luar biasa. Saya telah mempelajari bisnis ini dengan seksama, saya telah hadir di pertemuan-pertemuannya dan bersama istri saya, kami memutuskan untuk serius membangun bisnis ini. Saya tahu banyak pertanyaan yang akan teman-teman ajukan, maka supaya pembicaraan agak santai, silakan teman-teman mencicipi kue di sebelah sana, dan kita bisa tanya jawab sambil makan."

Dari perilaku tamu undangan kita, kita bisa tahu siapa-siapa yang tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai bisnis ini. Sponsor atau upline Anda akan membantu Anda membuat janji follow up.

Sambil acara tanya-jawab santai tersebut, Anda bisa juga memutar vcd

Setelah kurang lebih 30 menit sesudah presentasi berakhir, Anda perlu beritahukan mereka bahwa sudah saatnya mereka pulang :

"Baiklah teman-teman, besok kita semua harus bekerja. Kami akan meminjamkan beberapa bahan informasi dan kita bertemu lagi dalam satu atau dua hari lagi. Silakan pelajari bisnis ini, dan kami anjurkan Anda untuk hadir di acara OSP(Optimal Solution Presentation) supaya Anda mendapatkan informasi yang lebih lengkap lagi."

Anda bisa pinjamkan paket informasi yang telah Anda siapkan sebelumnya untuk bahan informasi. Dalam waktu maksimum 2x24 jam, Anda lakukan follow up atau tindak lanjut untuk membantu mereka mengambil keputusan.

Penting untuk segera mengakhiri home meeting tersebut karena dengan pulangnya para tamu undangan Anda, upline Anda dapat mengadakan "meeting after meeting" untuk mengevaluasi pertemuan pertama Anda. Juga untuk menghindari para prospek membicarakan hal-hal lain yang membuat mereka tidak memikirkan bisnis ini lagi pada saat mereka sampai di rumah.

Setelah selesai home meeting, sebaiknya Anda melakukan "meeting after meeting" dengan upline Anda untuk membahas langkah selanjutnya. Disitu Anda akan dijelaskan hal-hal apa saja yang perlu Anda lakukan selanjutnya. Ikuti kata upline Anda, belajarlah terus bagaimana cara menjalankan bisnis ini dengan benar dari upline Anda.

Catatan penting !!!

Tujuan dari presentasi BUKAN membuat orang bergabung malam itu juga, tapi tujuannya adalah untuk mendapatkan janji follow up/tidak lanjut.

Walaupun seandainya ada yang bergabung malam itu juga, Anda tetap harus melakukan follow up agar orang tersebut dapat memulai bisnis ini dengan benar.

Lakukan home meeting berulang-ulang untuk mendapatkan orang-orang yang tepat yang dapat membuat bisnis Anda besar.